Kamis, 07 Februari 2008

Turun Peranakan tak Mengancam Jiwa

Minggu, 11 Januari 2004

SEJAK dulu turun peranakan yang di dunia medis disebut dengan istilah prolaps genetalia telah banyak dikenal orang. Keadaan ini disamakan dengan suatu hernia yaitu di mana bagian organ bagian dalam tubuh turun ke rongga kemaluan atau bahkan mungkin keluar dari liang kemaluan tersebut.

Turun peranakan terjadi karena adanya kelemahan pada otot besar panggul sehingga satu atau lebih organ didalam panggul turun. Kerusakan yang terjadi mulanya tanpa gejala (asimptomatik), tetapi dengan bertambahnya usia maka kadar hormon estrogen dalam tubuh akan menurun dan akan menyebabkan penurunan fungsi otot sehingga keadaan tersebut menjadi bergejala.

Menurut data di RSCM Jakarta tahun 1995-2000 telah dilakukan tindakan operasi pada 240 kasus yang mempunyai keluhan dengan rata-rata 60 hingga 70 tahun, sehingga tidak mengherankan bila di Indonesia yang usia harapan hidupnya meningkat kejadian turunnya peranakan meningkat, walaupun kadang-kadang riwayat melahirkan tidak lebih dari empat kali.

Dr H Amir Fauzi, SpOG, dari Subdivisi Uroginekologi dan Rekonstruksi Departemen Obstetri dan Ginekologi FK Unsri dan RSMH, mengatakan kebanyakan wanita yang pernah melahirkan terutama yang mempunyai riwayat melahirkan empat kali atau lebih akan mengalami kelemahan otot besar panggul sehingga terjadi penurunan organ panggul yang kadang tanpa gejala tergantung beratnya kelainan tersebut.

Menurutnya, derajat beratnya kelainan adalah tergantung pada posisi organ panggul di dalam liang kemaluan. Pada keadaan ringan dan sidang (tingkat I-II) kebanyakan tanpa gejala, pada keadaan berat (tingkat III) baru dirasakan adanya keluhan. Yang perlu diperhatikan dan dipahami adalah pada keadaan ini bukan merupakan suatu penyakit tetapi kelainan letak sehingga semua turun peranakan memerlukan pengobatan dan bila memerlukan pengobatan dapat dilakukan secara konservasi atau operasi.

Turun peranakan dapat berupa turunnya kandungan kemih ke dalam liang atau organ kemaluan (uretrokel), turunnya rahim bawah dan kandung kemih kedalam liang atau rongga kemaluan (uretrovesikokel), turunnya kandungan kemih ke dalam liang atau rongga kemaluan (vesikokel), turunnya rahim beserta jaringan penunjangnya kedalam liang atau rongga kemaluan (prolapsus uteri), turunyan usus besar bagian bahwa kedalam liang atau rongga kemaluan (rektokel) dan turunnya tunggul bekas operasi pengakatan rahim kedalam liang atau rongga kemaluan (prolaps puncak vagina).

Amir, mengatakan otot dasar punggung pada dasarnya berfungsi sebagi pembatas rongga perut dan menjaga agar organ panggul berada pada posisi yang benar dan sebagai sandaran organ panggul tersebut, sehingga pada keadaan normal organ pelvis tidak turun, fungsi lainnya adalah menjaga keseimbangan tekanan udara di dalam dan di luar perut. Bila otot dasar panggul rusak, maka pertahanan terakhir dari organ panggul tersebut adalah alat penggantungnya yang menyokong organ tersebut dengn melekatkan diri pada dinding samping rongga panggul.

Keistimewaan dari otot dasar panggul adalah tetap bekerja (kontraksi) meskipun dalam keadaan istirahat sehingga tidak ada celak yang memungkinkan terjadinya penurunan alat organ genetalia. (arsep pajario)

Cara Alamiah Atasi Masalah Kehamilan

Bila saat hamil Anda mengalami berbagai keluhan sebaiknya pergi ke rumah sakit atau ke dokter kandungan dan mintalah penjelasan dokter, apakah tekanan darah Anda normal atau tinggi. Tekanan darah yang terlalu tinggi patut diwaspadai, karena bisa menjadi tAnda peringatan, mungkin Anda mengalami preeklamsia.

Penyebab lain ialah kekurangan zat besi.

Sebaiknya Anda banyak mengandung makanan yang mengadung zat besi seperti, jagung, daging sapi, telur, kacang-kacangan dan buah-buah yang menolong menyerap zat besi secara baik.l Jika tekanan darah tinggi maupun darah rendah keduanya dapat menyebabkan sakit kepala. Karena itu setiap pagi secara teratur semprotkan air dingin dengan selang ke seluruh bagian kaki, di bawah lalu ke paha dan pantat, kemudian kembali dri atas ke bawah.

Selanjutnya pada kedua belah tangan, mulai dari telapak tangan ke bahu dan sebaliknya.l Bila Anda mengalami migren yang mendadak, atau sakit kepala karena tegang, maka dengan minyak lavender ketegangan tersebut dapat diatasi. Minyak tersebut dioleskan pada leher dan kening.l Perubahan hormon tidak dapat dihindari dan dapat dicegah melarnya kulit terutama dibagian perut, dada, dan pantat. Salah satu cara mencegahnya atau menguranginya adalah dengan menyikat kulit Anda terutama di bagian-bagian tersebut dengan sikat sangat lembut, kemudian memijatnya dengan baby oil.

l Makin dekat ke saat melahirkan, Anda akan sering terjaga pada saat malam hari. Perut yang membesar membuat Anda sulit untuk mendapatkan posisi tidur yang tepat. Sebaiknya Anda melatih pernapasan untuk persiapan kelahiran. Minuman yang hangat juga dapat menenangankan ketegangan. Campurlah air jeruk nipis ke dalam teh hangat.

l Beban fisik dan kejiwaan pada saat hamil dapat menimbulkan keputihan. Untuk mengatasi hal tersebut yakni dengan mencuci alat kelamin hanya dengan cairan pencuci bebas sabun, agar asam pelindung kulit tidak rusak. Dan pakailah pakaian yang terbuat dari kantun.

l Untuk memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh saat hamil, dapat dilakukan dengan cara memprotkan air dingin dengan selang, mulai dari telapak kaki lalu naik ke lutut.
(arsep p/ayahbunda)

Tidak ada komentar: